Laporan Mahasiswa

BAB 1

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Praktek Industri

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini begitu pesat sehingga memerlukan sumber daya manusia yang mampu bersaing dan berkualitas dalam dunia kerja. Latar belakang pendidikan bukanlah hal utama yang diperlukan saat ini, karena pada dasarnya sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan bukan hanya berwawasan tetapi mampu menjalani setiap tugas yang diberikan.

Bogor EduCARE  adalah suatu lembaga pendidikan yang berdiri dibawah naungan Yayasan Peduli Pendiri Mandiri. Institusi  ini mempunayi program untuk  meningkatkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi persaingan saat ini dengan cara memberikan pendidikan selama satu tahun dengan jurusan Administrasi dan Bisnis yang berbasis komputer dan bahasa inggris.

Diakhir masa pendidikan, seluruh mahasiswa Bogor EduCARE diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Industri guna untuk menerapkan pengetahuan yang telah di dapat di Bogor EduCARE. Dengan melaksanakan Pratek Industri , mahasiswa diharapkan bisa mendapatkan wawasan dan pengalaman baru sebagai persiapan menghadapi persaingan yang begitu ketat dalam dunia kerja.

PT Mobile-8 Telecom Tbk, dipilih sebagai tempat untuk melaksanakan Praktek Industri karena perusahaan ini memenuhi syarat sebagai tempat untuk melaksanakan Praktek Industri. Perusahaan ini  bergerak dalam bidang media komunikasi dan yang pertama kali meluncurkan layangan 3G High Speed Mobile Internet di Indonesia. Selain itu perusahaan ini pernah meraih Call Center Award for Service Excellence 2006 dan National Costumer Service Championship Award 2005 untuk kategori Telekomunikasi dan Layanan Pelanggan. Dalam melaksanakan pekerjaanya, perusahaan ini didukung penuh dengan komputer sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang komputer yang didapat di Bogor EduCARE sekaligus mendapat pengetahuan baru mengenai dunia pertelekomunikasian.

B. Tujuan Praktek Industri

Tujuan dari Praktek Industri yang telah dilaksanakan selama dua bulan di PT Mobile-8 Telecom Tbk adalah sebagai berikut:

1. untuk mempelajari kegiatan administrasi dan  manajemen keuangan  pada divisi   Finance Accounting,

2. utuk mengaplikasikan kemampuan tentang komputer khusunya Ms. Office seperti  Ms. Excell dan Ms. Word,

3. untuk persiapan mengahadapi persaingan dalam dunia kerja.

C. Manfaat Praktek Industri

Manfaat dari Praktek Industri yang telah dilaksanakan selama dua bulan adalah sebagai berikut:

1. dapat mengetahuai kegiatan yang berhubungan dengan administrasi dan manajemen keungan pada divisi Finance Accounting

2. dapat mengetahui lancar tidaknya arus keungan pada divisi Finance Accounting,

3. membentuk pribadi yang jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam dunia kerja

BAB II

KEGIATAN UMUM

A. Sejarah Singkat PT Mobile- 8 Telecom Tbk

PT  Mobile-8 Telecom Tbk yang biasa disebut Mobile-8 adalah salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal   16 Desember 2002.  Layanan yang pertamakali diluncurkan perusahaan ini adalah layanan prabayar yaitu pada tanggal 8 Desember 2003 dan pada tanggal 8 April 2005 perusahaan ini meluncurkan layanan pascabayar.

Pada awal perkembangannya, wilayah yang menjadi area layanan perusahaan ini hanya meliputi kota besar dan kecil yang berada di Pulau Jawa dan Madura. Kini, area layanannya sudah tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua dan akan terus memperluas area layanannya di kota besar dan kecil di Indonesia.

Perkembangan tersebut dapat dilihat dari  terjadinya  peningkatan jumlah BTS (Base Transceiver Station) yang  jumlahnya hanya 440 BTS pada tahun 2006 dan  meningkat menjadi 1000 BTS pada akhir tahun 2007. Perluasan  layanan ini didukung  pula oleh tersebarnya Mobile-8 Center  untuk memenuhi kebutuhan pelayanan bagi pelanggan.

Perusahaan  pemegang saham Mobile-8 adalah perusahaan yang  berpengalaman dan berkualitas bertaraf Internasional seperti: Grup Bimantara melalui MNC, Korean Telecom Freetel Co Limited, Qualcom Incorporated, USA, serta Asia Link anak dari perusahaan First Pacific Company Ltd., Hongkong. Dengan dukungan  dari mitra tersebut, Mobile-8 telah menjadi perusahaan telekomunikasi selular dengan pertumbuhan pelanggan yang tercepat dalam kurun waktu dua setengah  tahun, dan yang baru baru ini PT Mobile-8 meluncurkan  Mobi yaitu suatu  modem  yang dipergunakan untuk kemudahan dalam bisnis jaringan.

Saat ini Mobile-8 berpusat di Menara Kebon Sirih Lantai 18, Jl. Kebon Sirih Kavling 17-19 Jakarta dan memiliki saham yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia dengan nama kode saham “FREN”.

B. Struktur Organisasi PT Mobile-8 Telecom Tbk

PT Mobile-8 Telecom Tbk dipimpin oleh seorang Chief Exceutive Officer (CEO). Dalam  menangani seluruh masalah perusahaan, Chief Excecutive Officer dibantu oleh beberapa divisi utama yang berperan penting dalam perkembangan perusahaan, secara umum, struktur organisasi PT Mobile-8 Telecom Tbk dibawah CEO adalah sebagai berikut.

1. Corporate Secretary

Corporate Secretary bertugas melakukan kegiatan administrasi yang berkaitan dengan publikasi bisnis Mobile-8.

2. Head of Internal Audit Division

Head of Internal Audit Division bertugas melakukan audit terhadap seluruh prosedur yang dilakukan di Mobile-8 agar tidak terjadi penyimpangan atas SOP ( Standar Operational Procedure) yang digunakan di perusahaan tersebut.

3. Finance Director

Finance Director bertugas menangani dan mengontrol segala masalah keungan di Mobile-8.

4. Commercial & IT Director

Commercial & IT Director bertugas menangani masalah perdagangan dan masalah teknologi yang berhubungan dengan sistem apliksi yang digunakan di Mobile-8 baik Internal System maupun Billing System

5. Chief  Network Officer

Chief Network Officer bertugas mangontrol seluruh aktivitas yang berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang digunakan di Mobile-8 baik system internal maupun jaringn BTS dan BSC (Base Station Controller).

6.  Director & Chief Corporate Affair

Director & Chief Corporate Affair bertugas untuk menangani manajemen dan kebutuhan tenaga kerja.

B. Bidang Kerja PT Mobile-8 Telecom Tbk

Mobile-8 merupakan perusahaan telekomunikasi yang menggunakan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) 2000-1X.  Selain bergerak dalam jasa pelayanan telekomunikasi, dalam upaya mendukung kemudahan kebutuhan konsumen, perusahaan ini menjalin kerja sama dengan beberapa pabrikan handset (telepone genggam) CDMA ternama seperti Haier, Huawei, ZTE, Samsung, dan Nexian sehingga menghasilkan produk dengan strategi Co-Branding.  Strategi ini menghasilkan prosuk handset yang cocok dengan produk stater pack dari Mobile-8.

Saat ini Mobile-8 sudah menghadirkan dua produk layanan telepon genggam dan stater pack serta satu produk yang digunakan khusus untuk mempermudah komunikasi dalam dunia maya.

Berikut ini nama produk produk keluaran PT Mobile-8 Telecom Tbk,

  1. 1. Fren

Fren adalah layanan yang beroperasi berdasarkan lisensi jaringan bergerak seluler,

  1. 2. Hepi

Hepi adalah layanan yang menggunakan system FWA (Fixed Wireless Acces),

  1. Mobi

adalah sebuah modem yang digunakan khusus untuk mempermudah acces internet.

Adapun pelanggan pengguna layanan produk dari Mobile-8 sebagai berikut:

  1. a. corporate

Pelanggan corporate adalah suatu grup yang terdiri lebih dari 10 orang pelanggan. Grup ini bisa berupa perusahaan, bank, sekolah, ataupun instansi lainnya. Layanan yang digunakan pelanggan jenis ini adalah Fren pascabayar.

  1. b. Retail

Pelanggan retail adalah pelanggan yang menggunakan layanan dari Mobile-8 secara pribadi. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan ini, Mobile-8 bekerjasama dengan perusahaan lain yang biasa disebut Agency untuk mendistribusikan produk stater pack dari Mobile-8. Pelanggan ini  biasanya menggunakan layanan Fren dan Hepi tergantung keinginan pelanggan itu sendiri.

C. Ketenagakerjaan

1. Status Karyawan

Status karyawan di PT Mobile-8 Telecom  Tbk terbagi menjadi dua, yaitu:

a. Karyawan tetap, yaitu karyawan yang memiiki status karyawan  yang tetap.

Karyawan tetap  ini dimulai pada posisi supervisor keatas.

b. Karyawan kontrak, yaitu karyawan yang memiilki masa kerja terbatas    atau berdasarkan kebijakan pihak manajemen.

Karyawan kontrak  ini biasanya direkrut oleh perusahaan yang bekerja sama dengan  PT Mobile-8 Telecom Tbk dan sebagai staf  biasa dalam  perusahaan.

2. Jam Kerja

Jam kerja yang diterapkan oleh PT Mobile-8 adalah jam kerja non shif  dan berlaku bagi seluruh karyawan di setiap divisi. Jam kerja effectifnya dimulai dari jam 08: 30 WIB sampai dengan 17:30 WIB dari hari senin sampai dengan Jum’at. Adapun karyawan yang diharuskan untuk bekerja diluar  jam  kerja, maka terhitung sebagi kerja lembur.

3. Sistem Penggajian

Penggajian yang di terapkan oleh PT Mobile-8 adalah  selambat lambatnya tanggal 25 setiap bulannya. Cara pembayaran gaji tersebut di transper lewat  bank.

4. Fasilitas dan Tunjangan Karyawan

Fasilitas yang diberikan  PT Mobile-8 adalah sebagai berikut:

a. Mesjid  dan Mushola,

b. Lapangan Futsal, bola voli, basket,

c. Tempat parkir,

d. Kantin,

e. Tunjangan kesehatan yang biayanya disesuaikan dengan  jabatan karyawan,

f. fasilitas komunikasi yaitu setiap karyawan  mendapatkan satu nomor operasional fren beserta pulsa yang diberikan sebulan sekali. Jumlah pulsapun disesuaikan dengan jabatan karyawan .

g. JAMSOSTEK

h. THR

BAB III

KEGIATAN KHUSUS

  1. A. Waktu Pelaksanaan Praktek Industri

Pelaksanaan Praktek Industri di PT Mobile-8 Telecom Tbk dilaksanakan selama delapan minggu, mulai dari tanggal 05 Oktober sampai dengan 27 November 2009 dengan jam kerja mulai dari pukul 08:30 WIB sampai dengan 17:00 WIB. Praktek Industri ini berlangsung di Divisi Finance Accounting yang berlokasi di Menara Kebon Sirih Lantai 18, Jalan Kebon Sirih Kavling 17-19 Jakarta Pusat.

  1. B. Departemen Finance Accounting

Departemen Finance Accounting merupakan salah satu divisi di PT Mobile-8 Telecom Tbk yang bertugas pada penyajian laporan keungan perusahan setiap harinya. Departemen ini terdiri dari dua divisi dan masing masing divisi memiliki staff bagiannya. Departemen ini dimulai dari VP (Vice president Accounting) yaitu tingkatan pertama dalam Departemen Finance Accounting yang bertugas mengontrol seluruh kegiatan keuangan yang ada pada divisinya, adapun divisi dari VP tersebut sebagai berikut:

  1. Divisi Manager FA (Fixed Asset)

Manager FA (Fixed Asset) bertugas untuk mengontrol asset dan reveneu yang ada diperusahaan. Dalam melaksanakan tugasnya divisi ini dibantu oleh dua staff yaitu Staff Asset dan Staf Revenue

  1. 2. Divisi Manager GL (General Ledger)

Divisi Manager GL (General Ledger) bertugas mengontrol system keuangan yang digunakan perusahaan.  Dalam pelaksanaanya divisi ini dibantu oleh dua staff yaitu Staff GL dan Staf Marketing.

  1. C. Kegiatan pada Divisi Finance Accounting

Kegiatan yang dilakukan oleh Divisi Finance Accounting adalah melakukan penyajian laporan keuangan perusahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat seputar keungan yang telah atau sedang berjalan di perusahaan.

Setiap harinya staff staff pada divisi ini melakukan prepare data keuangan yang telah atau sedang berjalan yang kemudian laporan tersebut dijurnal dengan menggunakan Ms. Excel, setelah data tertulis pada Ms.Excel kemudian data tersebut di masukan ke system, sitem yang diguanakan dalam penyajian data ini menggunakan System Oracle.

System Oracle adalah sebuah software yang sengaja di program pada komputer guna untuk mempermudah proses penjurnalan mulai dari input data sampai output data atau hasil dari proses penjurnalan menggunakan system Oracle. Adapun langkah langkah untuk masuk ke aplikasi System Oracle adalah:

1. me-click tanda Oracle pada   komputer

2. setelah me-click tanda Oracle maka muncul tampilan

untitled3

Gambar 1 : tampilan System Oracle setelah me-clik tanda pada anak panah

Sebelumnya system tersebut sudah di Instal terlebih dahulu, dan hasil dari menginstal akan keluar gambar       sebagai bukti System Oracle sudah terinstal di komputer.

3. setelah  muncul tampilan system Oracle akan muncul pintu login

4. isi username dan password yang ada pada tampilan login

Gambar 2: tampilan pengguna akan masuk ke system

5. muncul tampilan   System Oracle yang siap untuk di gunakan

Gambar 3: tampilan sebuah system Oracle yang siap digunakan pengguna

Kolom periode terisi tanggal secara otomatis sesuai tanggal yang berjalan pada komputer. Setelah tampilan ini maka penggunapun akan melakukan tugas yang menjadi pekerjaan sehari harinya yaitu melakukan penjurnalan data yang sudah tersedia pada   Ms. Excel.

Dengan System Oracle, hasil jurnal akan terlihat lebih simple dan pihak yang membutuhkan data akan dengan mudah mengerti.

Dibawah ini adalah contoh langkah langkah memasukan data pada System Oracle

a. membuka tampilan jurnal yang ada pada Ms.Excel

b. mengkopy nomor yang menjadi identitas penjurnalan,

Gambar 4: Tampilan data yang akan di jurnal pada System Oracle

c. membuka System Oracle,

d. memasukan nomor identitas yang sudah di kopy pada kolom jurnal di    System Oracle,

Gambar 5 : tampilan nomor yang dimasukan ke kolom jurnal

Kolom kredit dan debet akan terisi secara otomatis sesuai dengan data yang ada pada saat penjurnalan di Ms.Excel.

e. kemudian me-clik reverse,

f. setelah me-clik akan muncul tampilan hasil penjurnalan menggunakan System Oracle.

Gambar 6: Hasil output dari proses penjurnalan menggunakan Sistem Oracle

  1. D. Kegiatan Khusus Lain pada Divisi Finance Accounting

Kegiatan khsus lainnya pada Divisi Finance Accounting adalah Duflicate Data. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan data secara softcopy karena setiap sepuluh tahun sekali perusahaan melakukan peleburan data hardcopy. Tujuan dari kegiatan ini yaitu menyimpan data yang apabila suatu waktu data tersebut di perlukan dan untuk memudahkan dalam mencari data karena data tersebut sudah tersusun dalam sebuah folder pada computer.

Untuk  melakukan duflicate data, langkah langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1.  scanning file

Scanning file adalah cara untuk mendaptkan data sesuai dengan aslinya namun berupa softcopy.

Adapun langkah langkah dalam melakukan scan adalah sebagai berikut:

a.  menyalakan mesin scan,

b.  menekan tampilan scan pada menu mesin scan,

c.  menekan tulisan mailbox,

d.  memasukan nomor dan password komputer yang digunakan,

e.  memasukan lembaran kertas pada tempat  untuk me-scan,

  1. menekan tombol start,

g.  setelah keenam langkah tersebut selesai, membuka tampilan mailbox pada computer.

Terkadang proses scan tidak berjalan atau error,  kemudian di ikuti tampilan “cecking scanner” pada komputer. Dengan informasi tersebut proses scan yang kita lakukan gagal, adapun langkah untuk mendapatkan kembali hasil   scan adalah sebagai berikut:

1) Tekan tombol OK pada tampilan “cecking scanner”,

2) Pilih jenis  mesin scan yang kita gunakan misalnya jenis scanner yang saya gunakan adalah “document centre 235 (10.88. 38)”,

3) Setelah memilih jenis scan yang digunakan, secara otomatis hasil scan akan muncul.

h.  me-click tombol import.

2.  mencatat data pada hasil scan seperti invoice number dan payed number.

Mencatat data ini dilakukan sesuai dengan data yang ada ada pada hasil scan. Data yang dicatatpun hanya invoice number dan payed number. Tujuan kegiatan ini untuk memudahkan dalam mencari data, sehingga apabila ada karyawan yang memerlukan dokumen bisa cepat menemukannya.

3.  memberi nama folder

Dalam pemberian nama folder ini harus disesuaikan dengan nomor, tanggal, dan tahun yang ada pada setiap bantex.

  1. E. Pengetahuan dan Keterampilan Baru

Beberapa pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh setelah melakukan Praktek Industri di PT Mobile-8 Telecom Tbk, yaitu:

  1. dapat mengetahui kegiatan administrasi pada divisi keuangan,
  2. dapat menggunakan aflikasi System Oracle yang biasa digunakan untuk melakukan penjurnalan pada Divisi Finance Accounting,
  3. dapat menggunakan mesin multifungsi berupa  mesin scan, mesin faximile, mesin fotocopy serta mesin print.
  4. dapat mengetahui teknologi dan istilah umum yang digunakan di PT Mobile-8 Telecome Tbk,
  5. dapat menggambarkan situasi kondisi perusahaan lain semisal PT Mobile-8 Telecom Tbk.
  1. Kendala dan  Solusinya

Beberapa kendala selama menajalankan kegiatan Praktek Industri serta solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. posisi di Divisi Finance Accounting adalah posisi terberat yang harus dilakukan bagi seorang karyawan magang, karena apabila banyak kesalahan yang terjadi pada divisi ini akan menimbulkan masalah yang besar bagi pihak perusahaan yaitu selain keungannya yang kacau, juga akan menimbulkan terjadinya gulung tikar. Adapun solusi dalam menangani tugas seperti ini karyawan magang harus benar benar teliti dalam mencatat jumlah uang baik uang masuk atau keluar, teliti dalam memasukan nomor identitas pada data, sering sering mengoreksi kembali laporan yang sudah selesai dikerjakan.
  2. Sulit dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, karena selain harus teliti dalam bekerja, pada    Divisi Finance Accountin, karyawan magang harus selalu  update dengan komputernya menunggu prepare data dari karyawan lain. Adapun solusi dalam mengatasi hal seperti ini adalah menggunakan kesempatan saat karyawan lain atau kita meminta atau menanyakan data secara langsung pada orang yang dibutuhkan.

1 Komentar

  1. Khasaras Dara A

    aku boleh minta soft file annual report tahun 2006 PT mobile – 8 ini gag?
    soalnya di idx gag ada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: